PEMETAAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA DALAM PENILAIAN AKHLAK MULIA DAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK

I.         D A S A R  :

  1. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,  pada pasal 3
  2. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
  4. Buku Pendidikan Karakter Bangsa ( pengayaan ) , Pusat PTK Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud Tahun 2012.
  5. Rencana Pembangunan Jangka Panjang ( RPJPN ) Tahun 2005-2015

 

II.    PENGERTIAN

Penilaian akhlak mulia

adalah penilaian yang merupakan aspek afektif dari kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, sebagai perwujudan sikap dan perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, dilakukan oleh guru agama dengan memanfaatkan informasi dari pendidik mata pelajaran lain dan sumber lain yang relevan.

Penilaian Kepribadian

adalah penilaian yang merupakan perwujudan kesadaran dan tanggunggjawab sebagai warga masyarakat dan warganegara yang baik sesuai dengan norma dan nilai-nilai luhur yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan berbangsa, adalah bagian dari penilaian kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian oleh guru pendidikan kewarganegaraan dengan memanfaatkan informasi dari pendidik mata pelajaran lain dan sumber lain yang relevan.

III.  PENILAIAN OLEH PENDIDIK

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan sccara berkesinambungan , bertujuan untuk memantu proses dan kemajuan belajar peserta didik serta untuk meningkatkan efektifitas kegiatan pembelajaran. Salah satu kegiatan penilaian yang dilakukan oleh guru, adalah : Melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian kepribadian kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori Sangat baik, baik atau kurang baik. (Tugas No. 9)

 

IV.  PEMETAAN NILAI AKHLAK MULIA  DAN KEPRIBADIAN

NO AKHLAK MULIA KEPRIBADIAN
1. Religius Toleransi
2. Jujur Demokratis
3. Disiplin Semangat Kebangsaan
4. Kerja keras Mengahargai presttasi
5. Kreatif Bersahabat/Komunikatif
6. Mandiri Cinta damai
7. Rasa ingin tahu Peduli sosial
8. Gemar membaca Cinta tanah air
9. Peduli lingkungan Tanggungjawab

 

V. PENILAIAN AKHLAK MULIA DAN KEPRIBADIAN

Penilaian akhlak mulia dan kepribadian  didasarkan hasil pengamatan, catatan anecdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, kemudian guru dapat memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator ( terlampir ) bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam pernyataan kualitatif sebagai berikut :

  1. BT  ; Belum Terlihat ( apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator ) dikonversikan menjadi nilai kurang baik .
  2. MT  : Mulai Terlihat  ( apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten ) dikonversikan menjadi nilai  Baik.
  3. MB  : Mulai Berkembang ( apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai berkembang ) dikonversikan menjadi nilai Baik
  4. MD :  Membudaya ( apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten ) dikonversikan menjadi nilai Sangat baik.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.030 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: