SOAL DAN JAWABAN UTS 064.DKK.05 RADIO PENERIMA

 

Mata Pelajaran                 : 064.KK. Memperbaiki Radio Penerima

Guru Pengampu               : Agus Saefudin, S.Pd / Pontjo Nugroho, S.Pd.

Kelas/ Komp. Keahlian : XI / TAV

Hari, tanggal                     : Senin, 8 Oktober 2012

Waktu                                  : 08.00 – 10.00 WIB (90 menit)

 

SOAL

  1. Jelaskan prinsip pemancaran dan penerimaan gelombang radio !
  2. Sebutkan jenis-jenis radio penerima dilihat dari perubahan sinyal dan modulasinya !
  3. Gambar dan jelaskan blok diagram radio langsung (straight radio) !
  4. Gambarkan diagram blok radio penerima AM Superheterodyne !
  5. Suatu radio penerima FM mono menala frekuensi pemancar 105,3 MHz. Tentukan frekuensi yang dihasilkan oleh oscillator local !
  6. Lokalisir gambar radio penerima FM mono !
  7. Jelaskan letak perbedaan radio penerima FM mono dengan FM stereo !
  8. Jelaskan bagaimana radio  penerima FM dapat menghasilkan suara stereo !

JAWABAN:

  1. Prinsip pemancaran dan penerimaan gelombang radio: pemancaran gelombang radio menggunakan pemancar radio (transmitter) dan penerimaan gelombang radio menggunakan penerima radio (receiver), dengan prinsip sebagai berikut:  Suara diubah menjadi gelombang listrik suara, dicampur dengan gelombang listrik pembawa kemudian dipancarkan dalam bentuk gelombang elektro magnetis lewat antena. Gelombang elektro magnetis tersebut di tempat lain diterima oleh antena penerima, diubah menjadi gelombang listrik suara, dipilih gelombang yang diinginkan, dideteksi gelombang suaranya dan ditampilkan melalui speaker. Gambar prinsip pemancaran dan penerimaan gelombang radio sebagai berikut:

2.  Jenis radio dilihat dari perubahan sinyal: radio langsung (straight radio) dan radio superheterodyne, sedangkan jenis radio  menurut teknik modulasinya: radio dengan modulasi amplitudo (AM) dan modulasi frekuensi (FM).

3. Blok diagram radio langsung:

 

Penjelasan tiap blok: antena berfungsi: menerima gelombang elektromagnetik dari pemancar dan mengubahnya menjadi sinyal-sinyal listrik RF (HF= high frekuensi); penguat HF (FR Amplifier) berfungsi: menguatkan sinyal-sinyal listrik RF dari pemancar yang telah dipilih oleh rangkaian penala (resonator circuit). Demofulator AM (detector) berfungsi: mendeteksi/memisahkan sinyal-sinyal RF dari sinyal informasi dimana sinyal informasi (AF) diteruskan dan sinyal RF dibuang/digroundkan. Penguat Audio (AF Amplifier) berfungsi: menguatkan sinyal-sinyal informasi audio yang telah dideteksi oleh detector. Loudspeaker berfungsi: mengubah sinyals-nyal listrik AF menjadi sinyal suara yang dapat didengar.

4. Gambar diagram blok radio penerima AM Superheterodyne:

 

5. Diketahui: FRF = 105,3 MHz dan FIF FM = 10,7 MHz; Ditanyakan: FOSC …?

Dijawab : FOSC = FRF + FIF = 105,3 MHz + 10,7 MHz = 116 MHz.

Jadi, frekuensi yang dihasilkan oleh oscillator local adalah 116 MHz.

6. Lokalisir rangkaian FM mono:

 

(1). antena; (2). penala (tuner circuit); (3). IC1 sebagai penguat RF dan mixer; (4). Oscilator lokal; (5). Jaringan filter IF dan LED indikator penerimaan sinyal dari pemancar radio FM; (6).IC2 (penguat IF, limitter, dan discriminator/detector FM); (7). pengatur volume + penguat audio (AF Amplifier); (8). Loudspeaker; dan (9). filter catu daya DC.

7. Perbedaan FM mono dan stereo:

FM mono:  tidak terdapat decoder stereo; amplifier dan loudspeaker 1 unit (mono amplifier); dan sinyal audio yang dideteksi oleh descriminator adalah sinyal audio (R+L).

FM stereo: terdapat rangkaian decoder stereo untuk mendekodekan sinyal audio L dan R; amplifier yang digunakan adalah stereo sehingga diperlukan 2 loudspeaker L dan R; dan sinyal audio yang dideteksi adalah sinyal audio kanan dan kiri yang terpisah (L dan R).

8. Radio FM Stereo menghasilkan suara stereo: untuk dapat menghasilkan suata stereo maka penerima FM harus menerima siaran stereo (signal stereo multiplex)  serta memiliki rangkaian decoder stereo yang dipasang setelah rangkaian detector FM (discriminator). Keluaran detector stereo selanjutnya dihubungkan ke unit audio amplifier stereon L.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s