URGENSI SEKOLAH UNGGUL

Oleh: Agus Saefudin

 

Pada saat ini, kemajuan sekolah merupakan esensi dari pengelolaan sekolah melalui pemeliharaan mutu, responsif terhadap tantangan dan antisipatif terhadap perubahan-perubahan yang diakibatkan dari berubahnya tatanan internal maupun dunia kesejagatan, sehingga tidak menimbulkan keadaan bergejolak (turbulent) dan penuh ketidakpastian (uncertainty) yang dapat mengancam runtuhnya berbagai tatanan yang telah diciptakan sedemikian rupa. Dengan demikian, kemajuan jaman dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adaptasi dari sekolah agar tetap mampu menjaga eksistensinya. Pada kenyataannya banyak sekolah yang gagap menanggapi perkembangan jaman sehingga akhirnya tersingkir dalam persaingan. Dalam hal ini sekolah sebagaimana sebuah organisasi yang membutuhkan manajemen yang teratur dan terkoordinasi dengan baik untuk menjamin kualitas layanan pendidikan yang diberikan pada peserta didiknya. Kualitas merupakan satu hal utama yang diinginkan orang tua dalam memilih sekolah untuk anak-anaknya. Bahkan, tidak sedikit orang tua yang tidak mempermasalahkan soal biaya yang tinggi asalkan anaknya mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Kenyataan ini dilatarbelakangi oleh anggapan umum bahwa sekolah merupakan investasi yang menjanjikan kesuksesan di masa depan (Barnawi dan Arifin, 2013).

Sekolah unggul yang merupakan sekolah efektif melaksanakan kegiatan pembelajaran berkualitas serta menyelenggarakan pelayanan pendidikan sesuai dengan program yang telah direncanakan secara matang berdasarkan visi, misi dan tujuan sekolah sehingga menghasilkan lulusan paripurna yang berkualitas. Sekolah efektif merupakan keniscayaan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat memenuhi tugas kehidupan dalam masyarakat serta kompetitif dalam persaingan global.

Efektivitas sekolah terdiri dari dimensi manajemen dan kepemimpinan sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan personiel lainnya, yaitu: siswa, kurikulum, sarana dan prasarana, pengelolaan kelas, hubungan sekolah dengan masyarakat, pengelolaan bidang khusus lainnya dengan hasil nyata merujuk pada hasil yang diharapkan bahkan menunjukkan kedekatan antara hasil nyata dengan hasil yang diharapkan. Efektivitas sekolah dapat juga ditelaah dari masukan yang merata, keluaran yang banyak dan bermutu tinggi, ilmu dan keluaran ang relevan dengan kebutuhan masyarakat yang sedang membangun, serta pendapatanlulusan yang memadai (Komariah dan Triatna, 2008: 8).

Efektivitas merupakan suatu dimensi tujuan manajemen yang berfokus pada hasil, sasaran, dan target yang diharapkan. Sekolah yang efektif adalah sekolah yang menetapkan keberhasilan pada input, proses, output, dan outcome yang ditandai dengan berkualitasnya komponen-kompone sistem tersebut. Dengan demikian, efektivitas sekolah bukan sekedar pencapaian sasaran atau terpenuhinya berbagai kebutuhan untuk mencapai sasaran, tetapi berkaitan erat dengan syarat komponen-komponen sistem dengan mutu, dengan kata lain ditetapkannya pengembangan mutu sekolah.

Kualitas sekolah dapat diidentifikasi dari banyaknya siswa yang memiliki prestasi, baik prestasi akademik maupun prestasi bidang lain, serta lulusannya relevan dengan tujuan. Melalui siswa yang berprestasi dapat ditelusuri manajemen sekolahnya, profil gurunya, sumber belajar, dan lingkungannya. Dengan demikian kualitas sekolah adalah kualitas siswa yang mencerminkan kepuasan pelanggan, asanya partisipasi aktif manajemen dalam proses peningkatan kualitas secara terus menerus, pemahaman dari setiap orang terhadap tanggung jawab yang spesifik terhadap kualitas, setiap individu dalam sekolah dan stakeholder menyadari serta merealiasasikan prinsip “mencegah kerusakan”, dan melaksanakan pandangan bahwa kualitas adalah cara hidup (way of live).

Syafarudin (2002) menyatakan bahwa untuk mencapai mutu sekolah efektif, maka kepala sekolah dan guru-guru juga harus menjalankan fungsi secara efektif. Kepala sekolah efektif ialah kepala sekolah yang menjalankan kepemimpinannya secara efektif. Oleh karena itu, efektivitas kepemimpinan kepala sekolah adalah mereka yang membuka dri untuk adanya pengaruh guru dan pegawai terhadap persoalan penting. Kepemimpinan efektif berimplikasi terhadap produktivitas sekolah. Guru yang efektif adalah guru yang memberikan pelajar peuang-peluang maksimal untk belajar. Dengan kata lain, efektivitas guru adalah dalam konteks mengajar. Mengajar efektif adalah kegiatan menajar yang menciptakan iklim kondusif bagi pelajar untuk belajar dengan baik da berhasil. Guru yang efektif juga menempatkan diri sebagai teladan atau model dalam pandangan pelajar untuk mencapai tujuan pendidikan.

Penyelenggaraan layanan belajar bagi peserta didik biasanya dikaji dalam konteks mutu pendidikan. Di lingkungan sistem persekolahan, konsep mutu pendidikan dipersepsi berbeda-beda oleh berbagai pihak. Menurut persepsi kebanyakan orang, termasuk orang tua dan masyarakat oada umumya, mutu pendidikan di sekolah secara sederhana dilihat dari perolehan nilai atau angka yang dicapai seperti ditunjukkan dalam hasil ulangan dan ujian. Sekolah dianggap bermutu apabila sebagian besar atau seluruh siswanya memperoleh nilai yang tinggi sehingga bagi lulusan SMA berpeluang besar melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi dan bagi lulusan SMK mudah dalam mendapatkan pekerjaan sesuai kompetensi keahliannya. Persepsi tersebut tidak keliru apabila nilai diakui sebagai representasi dari totalitas hasil belajar yang dapat dipercaya dan menggambarkan derajat perubahan tingkah laku atau penguasaan kompetensi menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dengan demikian, hasil pendidikan yang bermutu memiliki nuansa kuantitatif dan kualitatif (Ihtiati, 2012: 118).

Kinerja sekolah unggul dapat digambarkan sebagai satu kesatuan sistem yang terdiri dari input, proses, output, dan outcome. Komponen input merupakan potensi dasar yang akan dikembangkan untuk selanjutnya diproses melalui teknik tertentu dengan pemanfaatan sarana dan prasarana serta semua potensi internal untuk mencapai kualitas output. Pencapaian kualitas output sangat dipengarhi oleh adanya kualitas proses internal yang dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s